Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CATAT!! Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 dan Panduan Lengkap Tata Cara Pendaftaran

 



– UTBK dan SBMPTN tahun 2022 ini akan digelar. Ujian Nasional yang bertujuan untuk masuk perguruan tinggi negeri ini merupakan ujian tahunan yang diikuti seluruh siswa di Indonesia.

Ujian ini bertujuan sebagai ujian saringan bagi siswa-siswi lulusan sekolah menengah atas untuk melanjutkan studinya ke jenjang pendidikan perguruan tinggi. Ujian ini dikhususkan sebagai ujian masuk perguruan tinggi negeri.

UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer, sedangkan SBMPTN merupakan singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.  

UTBK-SBMPTN merupakan ujian yang diadakan setiap tahunnya sebagai test masuk perguruan tinggi yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Di tahun ini SBMPTN, dilakukan dalam dua tahap untuk membagi jumlah peserta yang bisa dipastikan tidak pernah sedikit.

Untuk bisa mengikuti ujian UTBK-SBMPTN, semua calon peserta ujian harus melakukan registrasi terlebih dahulu pada website atau lama LTMPT. LTMPT adalah Lembaga Test Masuk Perguruan Tinggi.

Lembaga ini adalah Lembaga yang akan menaungi penyelenggaran dari UTBK-SBMPTN setiap tahunnya. Dari pendaftaran, tempat pelaksanaan, hingga ke pengumuman kelulusan semuanya diatur oleh LTMPT dan semua informasi yang ada dapat diakses melalui website LTMPT.

 

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN

Pelaksanaan ujian saringan masuk perguruan tinggi negeri ini akan diadakan sebanyak dua gelombang. Gelombang pendaftaran pertama baru saja ditutup di tanggal 15 April 2022. Para peserta yang telah teregistrasi di gelombang pertama ini, nantinya akan melaksanakan UTBK-SBMPTN di tanggal 17-23 Mei 2022.

Untuk lebih jelasnya, pelaksanaan UTBK SMPTN 2022 adalah sebagai berikut:

Masa Registrasi pada website LTMPT: 14 Februari – 17 Maret 2022

Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret – 15 April 2022 Pelaksanaan

UTBK-SBMPTN Gelombang Pertama : 17 – 23 Mei 2022 Pelaksanaan

UTBK-SBMPTN Gelombang Kedua : 28 Mei – 3 Juni 2022

Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2022

 

Setelah mengetahui alur dari UTBK-SBMPTN, Anda juga harus mengetahui persyaratan pendaftaran untuk mengikuti UTBK SBMPTN 2022, yaitu:

1.    Telah terdaftar pada website LTMPT di tahun 2022

2.    Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang telah terdaftar secara online.

3.    Untuk Siswa SMA/MA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun 2022 harus sudah memiliki surat keterangan siswa kelas 12 atau siswa paket C tahun 2022 dengan umur maksimal 25 tahun di bulan juli 2022. Surat Keterangan ini harus disertai dengan foto berwarna terbaru dan ditanda tangani serta distempel oleh kepala sekolah.

4.    Untuk siswa SMA/MA/SMK Angkatan sebelumnya yaitu tahun 2020 dan 2021 atau siswa paket C tahun 2020-2021, harus sudah memiliki ijazah. Syarat tambahan lainnya adalah usia masksimal 25 tahun di tanggal 1 Juli 2022.

5.    Peserta lulusan luar negeri atau memiliki ijazah dari institusi pendidikan luar negeri, harus memiliki ijazah yang telah disetarakan.

6.    Peserta tidak pernah diterima jalur SNMPTN tahun 2020, 2021, dan 2022.

7.    Peserta yang memilih saintek akan mengikuti ujian TPS, TKA saintek, dan bahasa Inggris.

8.    Sedangkan, Peserta kelompok ujian soshum mengikuti TPS, TKA soshum, dan bahasa Inggris.

9.    Dan peserta kelompok campuran mengikuti TPS, bahasa Inggris, TKA saintek, dan TKA soshum.


Ada beberapa syarat tambahan untuk beberapa program studi tertentu, seperti syarat-syarat dibawah ini:

·       Program studi kedokteran dan kedokteran gigi hanya bisa dipilih siswa atau lulusan SMA/MA IPA.

·       Peminat program studi seni dan olahraga harus mengunggah portofolio dari hasil karyanya.

·       Selain itu beberapa syarat tambahan lainnya adalah sebagai berikut:

·       Dalam keadaan sehat sehingga mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi

·       Untuk peserta tuna Netra, wajib melampirkan surat pernyataan tuna Netra

·       Bersedia membayar biaya UTBK SBMPTN melalui bank-bank yang telah ditunjuk seperti Bank Mandiri, Bank BNI dan Bank BTN.

 

Tata cara pendaftaran SBMPTN 2022

Untuk dapat mengikuti UTBK-SBMPTN, Anda harus mengikuti beberapa langkah berikut ini:

1)   Daftarkan atau registrasikan diri Anda pada akun LTMPT

2)   Masuk ke website LTMPT di laman https://portal.ltmpt.ac.id

3)   Pilih opsi verifikasi dan validasi data, ikuti perintah selanjutanya, isi biodata dengan benar dan teliti, unggah foto, lalu lakukan verifikasi biodata.

4)   Setelah akun terverikasi, lakukan pembayaran biaya sesuai dengan jenis tes yang dipilih. Pembayaran dapat dilakukan pada bank-bank yang telah ditunjuk LTMPT.

5)   Segera lakukan pembayaran biaya SBMPTN karena Anda hanya akan diberikan 2x24 jam. Setelah pembayaran Anda terverifikasi, cetak kartu Anda pada website LTMPT

 

Biaya UTBK SBMPTN Tahun 2022 

Untuk biaya yang harus dikeluarkan peserta tergantung pada tipe ujian yang dipilih, untuk ujian saintek atau soshum, peserta diwajibkan membayar sebesar Rp.200.000,- sedangkan untuk ujian campuran sebesar Rp.300.000,-

Pembayaran harus dilakukan di bank-bank yang telah dipilih dengan memasukkan kode yang akan didapatkan ketika melakukan pendaftaran ujian.

 

Lokasi UTBK SBMPTN 2022

LTMPT sendiri telah menunjuk sebanyak 74 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sebagai pusat pelaksanaan UTBK SBMPTN. Lokasi ini tidak akan mempengaruhi hasil dari UTBK SBMPTN yang dijalani. Artinya jika Anda memiliki minat program studi ilmu komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung, sedangkan Anda berdomisili di Solo.

Anda tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk mengikuti UTBK SBMPTN, karena kesempatan yang dimiliki olh tiap peserta sama tanpa melihat domisili asal dari peserta tersebut.

Perlu diperhatikan bahwa Anda masih bisa melakukan perubahan lokasi pusat UTBK SBMPTN selama Anda belum melakukan pembayaran dan melakukan penyimpanan secara permanen.

 

Hal-Hal Penting yang harus diperhatikan sebelum menghadapi UTBK SBMPTN

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan, jika Anda akan menghadapi UTBK SBMPTN, hal-hal tersebut adalah:

1.    Pastikan Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang dimasukan benar.  

2.    Pastikan memilih dengan benar program studi berikut perguruan tinggi yang Anda minati

3.    Melakukan survey lokasi pada H-1 untuk menghindari keterlambatan saat ujian

4.    Membawa KTP dan kartu peserta pada saat ujian

5.    Memastikan bahwa Anda dalam keadaan prima dan sehat ketika mengikuti UTBK SBMPTN.

Umumnya tiap ujian yang dipilih, di setiap segmen terdiri 20-25 pertanyaan yang harus diisi oleh peserta. Pastikan bahwa Anda benar-benar menguasai materi baik dari kelompok ujian saintek, soshum maupun kelompok ujian campuran. Dengan menguasai dengan baik materi-materi dari contoh-contoh soal di tahun-tahun sebelumnya, UTBK SBMPTN bukan merupakan hal yang sulit. SBMPTN walaupun dinilai sangat sulit karena tingkat kompetisi yang tinggi antar peserta, nyatanya masih memiliki banyak peminat. Selain itu, Anda bisa mencoba memilih program studi yang tidak terlalu memiliki banyak peminat. Karena jika Anda memilih program studi yang peminatnya tidak terlalu banyak, dapat dikatakan bahwa Anda memiliki peluang lebih besar daripada peserta lainnya.


Post a Comment for "CATAT!! Pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 dan Panduan Lengkap Tata Cara Pendaftaran"