Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Catat, guru harus tahu begini kurikulum baru tahun 2022

 



Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Bapak ibu guru yang terhormat kembali lagi di website ilmupress.com media informasi dan edukasi. Pada kesempatan ini, ilmin akan membahas tentang kurikulum baru yang saat ini ramai dibicarkan yaitu Tahun 2022. Benarkah akan ada kurikulum baru di Tahun 2022? jawabannya benar berdasarkan apa yang sudah disampaikan oleh Kemdikbud di acara perayaan hari guru nasional pada waktu itu untuk membahas lebih lanjut terkait kurikulum 2022 atau biasa disebut dengan kurikulum Prototipe. Kurikulum Prototype ini kami sudah mendapatkan file langsung resmi yang paling resmi dari Kemdikbud yang disampaikan pada tanggal 20 November 2021 oleh badan standar kurikulum dan asesmen pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jadi.

Akan menjadi referensi kita untuk membahas Seperti apa struktur kurikulum dari kurikulum prototipe ini Bapak Ibu dari beberapa lembar halaman slide tersebut kami akan fokus untuk website kali ini fokus ke karakteristik kurikulum di setiap jenjang. Karena ini akan menjadi pembeda utama dari kurikulum sebelumnya. Jadi sebenarnya Bapak Ibu jangan nanti dengan kurikulum ini karena kalau bapak ibu memahami dengan baik kurikulum ini kurikulum ini sangat baik dan sangat perlu untuk guru dan siswa Terutama siswa Bapak Ibu karena ini memberikan semangat Merdeka belajar tentunya jadi ada perbedaannya Bapak setiap jenjang mulai dari PAUD SD SMP SMA sampai ke SMK kalau di untuk PAUD ya Ini dari sisi perbedaannya kegiatan bermain sebagai proses belajar yang utama itu Kemudian ditambahkan penguatan literasi Dini dan penanaman karakter melalui kegiatan bermain belajar berbasis buku bacaan yang kemudian fase pondasi untuk meningkatkan kesiapan bersekolah.

Dan juga di PAUD itu sudah mulai ditekankan pembelajaran berbasis Project untuk penguatan profil Pancasila dilakukan melalui kegiatan perayaan hari besar dan Rayan tradisi lokal Ibu jadi project-nya jangan dibayangkan Yang berat-berat tapi ini diselesaikan tentunya dengan umur PAUD dari sisi SD untuk pembelajaran SD juga sangat menarik Bapak Ibu perubahannya di sini di mana untuk memahami lingkungan sekitar mata pelajaran IPA dan IPS ini digabungkan Bapak Ibu jadi IPA dan IPS ini digabungkan selama ini kan IPA dan resistor bisa jadi digabungkan menjadi ilmu pengetahuan alam dan sosial atau ini memang ada semacam penyederhanaan mata pelajaran Bapak seperti itu kemudian di situ juga nanti akan diintegrasikan computational thinking dalam mata pelajaran bahasa Indonesia matematika dan IPA tadi Nah terus yang paling menarik juga bapak ibu mata pelajaran Bahasa Inggris ini.

Sebagai mata pelajaran pilihan ya mata pelajaran pilihan kemarin kan ke bahasa Inggris ini tidak ada adanya biasa kalau di mulok itupun mulok Kalau sekolah mau menerapkannya ini dinaikkan levelnya menjadi mata pelajaran pilihan untuk bahasa Inggris. Dan juga perlu dipahami pembelajaran berbasis proyek ini Untuk penguatan profil Pancasila dilakukan minimal 2 kali dalam 1 tahun ajaran jadi siswa ini untuk DST semakin ditekankan untuk ada project pembelajaran berbasis proyek seperti itu untuk selevel SMP juga ada perubahan yang sangat menarik tentunya tahun 2006 tahun kemarin kan memang ada sempat ada pelajaran TIK TIK ya Dan setelah K13 itu dihilangkan dari SMP dia menjadi mata pelajaran pilihan bersama dengan prakarya. Nah ini mulai Tahun 2022 ada pelajaran yang hampir sama dengan titik namanya Informatika Informatika ini akan menjadi mata pelajaran wajib Bapak Ibu Adapun untuk mata pelajaran Informatika ini panduan untuk guru akan disiapkan untuk membantu guru guru pemula sehingga nanti guru yang.

Informatika ini tidak harus berlatar belakang pendidikan Informatika seperti itu bapak ibu kemudian pembelajaran berbasis proyek untuk penguatan profil Pancasila dilakukan minimal 3 kali dalam 1 tahun ajaran juga ditekankan untuk ada pembelajaran berbasis proyek yang seperti itu seperti apa untuk jenjang SMA kemudian dan juga memilih mata pelajaran kelompok MIPA kelompok IPS Bahasa dan keterampilan vokasi sesuai minat bakat dan aspirasinya seperti itu bapak ibu. Nah ini yang menampak dari untuk jenjang SMA kurikulum prototipe itu kemudian juga diterangkan pembelajaran berbasis Project untuk penguatan profil Pancasila minimal 3 kali dalam 1 tahun ajaran dan pelajar menulis esai ilmiah sebagai syarat kelulusan berbagai buku ini menarik nih syarat kelulusan untuk.

Sma itu wajib menulis essay ilmiah jadi kalau di S1 kita ada skripsi, S2 ada tesis, S3 ada disertasi di SMA itu ada essay ilmiah. Jadi ini seorang siswa memang diarahkan untuk berpikir kritis sistematis yang dituangkan dalam bentuk tulisan Bapak Ibu jadi dia menjadi syarat kelulusan untuk jenjang SMK ini juga sangat sangat menarik dan sangat perlu kita support Bapak Ibu yaitu dunia kerja Dapat terlibat dalam pengembangan pembelajaran jadi kerja perusahaan apa ya kemudian semisal perusahaan itu bisa terlibat dalam pengembangan pelajaran kemudian strukturnya lebih sederhana dengan dua kelompok mata pelajaran itu umum dan kejuruan persentase mengikuti kejuaraan meningkat dari 60% ditingkatkan menjadi 70% kemudian pembelajaran pembelajaran berbasis.

Dengan mengintegrasikan mata pelajaran terkait yang paling menarik juga bapak ibu ini PKL ya praktek kerja lapangan nya itu menjadi mata pelajaran wajib minimal 6 bulan selama ini kan adek-adekan anak kita di SMK PKL itu hanya beberapa bulan saja ya. Nah ini mulai ke depan dia menjadi PKL itu wajib mata pelajaran wajib ya minimal 6 bulan jadian akan lebih banyak prakteknya di SMK yang perlu memang Karena SMK ini adalah tempatnya untuk mempelajari keterampilan keterampilan tertentu sehingga harus banyak praktek ya memang seperti itu dan ini di diaktualisasikan dalam bentuk kebijakan PKL itu wajib minimal 6 bulan di lapangan seperti itu dan juga pelajar dapat memilih mata pelajaran di luar program keahliannya dan yang terakhir alokasi waktu khusus Project penguatan profil Pancasila dan budaya kerja untuk wanita.

Soft skill karakter dari dunia kerja untuk jenjang SLB bapak-ibu karakteristiknya Seperti apa ya capaian pembelajaran pendidikan khusus dibuat hanya untuk yang memiliki hambatan intelektual hanya untuk yang memiliki hambatan intelektual untuk pelajar di SLB yang tidak memiliki hambatan intelektual capaian pembelajaran nya sama dengan sekolah reguler yang sederajat dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum 2000 = pelajar di sekolah reguler pelajar di SLB juga menerapkan pembelajaran berbasis Project untuk penguatan profil Pancasila dengan mengusung tema yang sama dengan sekolah reguler dengan kedalaman materi dan aktivitas sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pelajar di SLB jadi tetap menyesuaikan dengan karakteristik dan kebutuhan pelajar di sekolah luar biasa tersebut Bapak bukan karakteristik kurikulum Prototype di setiap.

Demikian info yang kami bahas untuk website kali ini fokus ke karakteristik kurikulum Bapak Ibu yang kami belum membahas lebih jauh lagi kita akan bahas di video selanjutnya terima kasih dan selamat 

Wa'alaikumussalam Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh.

Info selengkapnya bisa liat di youtube Catat, guru harus tahu begini kurikulum baru tahun 2022

Post a Comment for "Catat, guru harus tahu begini kurikulum baru tahun 2022"