Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[DOWNLOAD GRATIS] RINGKASAN MATERI GEOGRAFI I (ILMU GEOGRAFI, ATMOSFER, HIDROSFER, LITHOSFER, PEDOSFER, GEMPA BUMI) JENJANG SMA IPS

 


Halo sobat ilmu, gimana kabarnya? Semoga dalam keadaan baik-baik saja. Kali ini ilmin akan berbagi tentang materi geografi I yang terdiri dari ilmu geografi, atmosfer, hidrosfer, lithosfer, pedosfer, dan gempa bumi. Ringkasan materi ini disusun berdasarkan poin-poin per subbab diperuntukan untuk siswa-siswi SMA program IPS. Selain itu juga, rangkuman ini dilengkapi dengan gambar pada setiap bab sehingga memudahkan dalam mempelajarinya. Download gratis ringkasan materi geografi I versi Materi88 dibawah ini.

 

Ilmu Geografi

            Geografi sendiri berasal dari dua kata, geo itu bumi sedangkan grafis itu penggambaran. Menurut Prof. Bintarto, geografi adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat bumi, gejala-gejala alam dan penduduk, corak yang khas mengenai kehidupan, dan mencari fungsi dari unsur-unsur bumi dalam konsep ruang dan waktu. Geografi memiliki empat prinsip utama, yaitu prinsip korologi, prinsip deskripsi, prinsip interelasi, dan prinsip persebaran. Aspek-aspek ilmu geografi antara lain: aspek fisik dan aspek sosial. Selengkapnya download disini.

 

Atmosfer

            Sobat ilmu pasti sering mendengar istilah atmosfer. Betul, atmosfer adalah lapisan udara yang menyelubungi bumi yang terdiri dari berbagai macam gas sebagai penyusunnya. Penyusun utama atmosfer antara lain adalah nitrogen (78%), oksigen (21%), argon (0,9%) dan karbondioksida (0,03%), sisanya gas lain. Berdasarkan temperatur, atmosfer dibagi menjadi troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Selain itu, sobat ilmu bisa mempelajari hal-hal lain seperti cuaca, suhu, tekanan dan angina dan masih banyak lagi. Selengkapnya download disini.

 

Hidrosfer

            Hidrosfer adalah keseluruhan sistem air di permukaan bumi yang mencapai 70%. Hidrosfer di bumi mengalami siklus, sehingga jumlahnya selalu tetap. Dalam siklus hidrosfer, air mengalami evaporasi, transpirasi, evapotranspirasi, kondensasi, presipitasi, adveksi, sublimasi, infiltrasi, perkolasi, dan run-off. Siklus hidrosfer terdiri dari siklus air pendek, menengah, dan panjang. Siklus pendek dimulai dari air laut menjadi uap air (evaporasi), selanjutnya menjadi awan (kondensasi), dan akhirnya pada hujan di laut (presipitasi). Siklus menengah dan panjang bisa diliat langsung dalam ringkasan materi ini. Selengkapnya download disinidisini.

 

Lithosfer

            Lithosfer mempelajari tentang struktur bumi. Bumi tersusun atas tiga lapisan utama terdiri dari inti bumi, mantel bumi dan kerak bumi. Bumi terdiri dari dua relief, yaitu relief daratan dan relief dasar laut. Relief daratan berupa gunung/pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, peneplain. Relief dasar laut berupa dangkalan, lubuk laut, gunung laut, palung, ambang laut, dan punggung laut. Batuan penyusun bumi antara lain: batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Dan masih banyak lagi materi yang ada didalam bab lithosfer. Selengkapnya download disini.

 

Pedosfer

            Pedosfer (tanah) merupakan lapisan penyusun bumi pada lithosfer. Tanah adalah benda berdimensi tiga, yang terdiri dari macam-macam butir tanah. Tanah memiliki beberapa sifat fisik dan morfologi: batas horizon, tekstur tanah, warna tanah, struktur tanah, konsistensi, pori-pori tanah, permeabilitas, dan solum tanah. Batas horizon tanah dibagi menjadi empat lapisasan yaitu lapisan A, lapisan B, lapisan C, dan lapisan D. Waw, ternyata banyak sekali yah lapisan didalam tanah, ilmin baru tau hehe. Tanah terbentuk dari bahan organik dan bahan mineral. Bahan organic merupakan pembentuk tanah yang berasal dari pembusukan bahan organik. Bahan mineral merupakan pembentuk tanah yang berasal dari batuan induk yang mengalami pelapukan. Selengkapnya download disini.

 

Gempa Bumi

            Siapa sih yang tidak tau tentang gempa bumi. Walaupun kita tidak pernah merasakan gempa bumi itu sendiri tapi setidaknya kita pernah mendengar berita tentang gempa bumi. Gempa bumi adalah keadaan dimana bumi mengalami getaran vertikal (naik-turun) dan horizontal (kanan-kiri). Gempa dapat diklasifikasikan berdasarkan akibat, letak hiposentrum, letak episentrum, bentuk episentrum, dan jarak episentrum. Alat yang digunakan untuk mendeteksi dan mencatat getaran-getaran yang terjadi pada kulit bumi disebut seismograf. Selengkapnya download disini.

 

Jika ada pertanyaan terkait geografi bisa tulis dikolom komentar dibawah ini. Kalau suka jangan lupa untuk membagikan artikel blog gratis ini ke media sosial kalian. Semoga bermanfaat.

 

Salam Geografi I


Post a Comment for "[DOWNLOAD GRATIS] RINGKASAN MATERI GEOGRAFI I (ILMU GEOGRAFI, ATMOSFER, HIDROSFER, LITHOSFER, PEDOSFER, GEMPA BUMI) JENJANG SMA IPS"