Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI EKONOMI BAGIAN KEDUA (PENDAPATAN NASIONAL, KEBIJAKAN MONETER, INFLASI DAN INDEKS HARGA, UANG, PERBANKAN, KETENAGAKERJAAN DAN PENGANGGURAN) JENJANG SMA

 


Halo sobat ilmu, gimana kabarnya? Semoga baik-baik aja. Kali ini Ilmin akan membagikan materi tentang ekonomi bagian kedua diantaranya pendapatan nasional, inflasi dan indeks harga, kebijakan moneter, . Banyak banget yah sobat ilmu materinya hehe. Berikut ilmin akan membagikan ringkasan singkat dari masing-masing materi. Setelah dibaca ringkasannya, jangan lupa langsung download materi pdfnya.

 

Pendapatan Nasional

            Definisi pendapatan adalah uang atau penghasilan yang diterima seseorang atau badan usaha dalam bentuk upaha, sewa, bunga, laba, tunjangan, deviden, hadiah, dan lain-lain. Kalau ilmin sumber pendapatannya dari kerja sampingan hehe, kalau sobat ilmu pendapatannya dari mana aja selain dari orangtua? Kalau pendapatan disini, pendapatan nasional atau pendapatan suatu negara. Jadi sumbernya bisa lebih dari satu kemudian terdapat juga perhitungannya. Secara umum rumus pendapatan nasional meliputi konsumsi rumah tangga, investasi perusahaan, pengeluaran pemerintah, jumlah ekspor yang dikurangi jumlah impor. Selengkapnya bisa download disini.

 

Kebijakan Moneter

            Kebijakan moneter didefinisikan sebagai kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengatur jumlah uang yang beredar dan tingkat suku bunga. Jadi tujuan dari kebijakan moneter ini dalam rangka menciptakan stabilitas ekonomi. Kebijakan moneter sendiri dikendalikan oleh pemerintah melalui Dewan Moneter yang terdiri dari Menteri Keuangan sebagai ketua, dan Menteri perdagangan dan industry dan Gubernur Bank Indonesia sebagai anggota. Bisa dibayangkan jika tidak ada kebijakan moneter akan mengakibatkan harga-harga kebutuhan pokok bisa meningkat atau menurun tajam. Umumnya harga barang ditentukan oleh jumlah barang yang beredang di masyarakat namun dengan ada nya kebijakan moneter ini, harga barang yang biasanya kebutuhan pokok dapat stabil. Selengkapnya bisa download disini.

 

Inflasi dan Indeks Harga

            Inflasi adalah suatu peristiwa naiknya harga-harga secara umum dan terus menerus dan mengakibatkan nilai uang turun. Biasanya inflasi terjadi karena jumlah uang dan barang yang beredar di masyarakat tidak berimbang. Ada kasus inflasi di negara Zimbabwe, Afrika dimana pemerintahnya mencetak uang secara terus menerus sehingga jumlah uang jauh lebih banyak daripada barang yang beredar dimasyarakat. Hal tersebut mengakibatkan nilai mata uang disana turun drastis. Bisa dibayangkan disana, masyarakat memiliki kelebihan banyak uang. Selengkapnya bisa download disini.

 

Uang

            Siapa sih yang ga tau uang? Hehe uang didefinisikan sebagai benda atau alat tukar yang diterima oleh masyarakat umum untuk melakukan kegiatan pertukaran barang dengan barang atau lainnya. Kalau dulu kita mengenal istilah barter yakni menukar barang dengan barang yang nilainya sama. Dengan uang, masyarakat lebih mudah dalam bertransaksi apalagi saat ini dengan adanya e-money lebih praktis. Dalam materi ini, kamu akan mempelajari tentang permintaan dan penawaran uang beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Selengkapnya bisa download disini.

 

Perbankan

            Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya. Gimana yah kalau tidak ada bank? Orang menyimpan uang dibawah bantal atau mungkin dibrangkas yang dikunci bergembok-gembok. Di materi ini dijelaskan tentang apa itu bank sentral, bank umum, bank syariah, bank perkreditan rakyat, dan produk layanan bank lainnya selengkapnya bisa download disini.

 

Ketenagakerjaan dan Pengangguran

            Pembagian penduduk berdasarkan ketenagakerjaan terdiri dari angkatan kerja yaitu penduduk yang mempu dan bersedia bekerja dan berada dalam usia kerja, baik yang bekerja, sedang mencari pekerjaan, maupun yang tidak bekerja. Jumlah angkatan kerja berbanding lurus dengan jumlah penduduk. Jumlah angkatan kerja menunjukkan jumlah faktor tenaga kerja yang siap memabntu berlangsungnya proses produksi. Adapun defisini pengangguran yaitu kelompok penduduk yang tidak bekerja , sedang mencari pekerjaan, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Selengkapnya bisa download disini.

 

Jika sobat ilmu ada pertanyaan terkait materi ekonomi ini bisa tulis dikolom komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk membagikan artikel blog gratis ini kepada yang lainnya. Semoga bermanfaat.

 

Salam Ekonomi bagian Kedua


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI EKONOMI BAGIAN KETIGA (PASAR MODAL, KEBIJAKAN FISKAL, APBN DAN APBD) JENJANG SMA

Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI EKONOMI BAGIAN KEDUA (PENDAPATAN NASIONAL, KEBIJAKAN MONETER, INFLASI DAN INDEKS HARGA, UANG, PERBANKAN, KETENAGAKERJAAN DAN PENGANGGURAN) JENJANG SMA"