Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI MATEMATIKA FUNGSI (FUNGSI & INVERS DAN KOMPOSISI FUNGSI) JENJANG SMA

 


Ringkasan materi matematika fungsi terdiri dari fungsi & komposisi fungsi khusus kelas 10, 11, 12 SMA. Rangkuman matematika fungsi ini dibuat berdasarkan materi per bab serta dilengkapi contoh dan pembahasannya. Terdapat juga gambar disertai keterangannya agar memudahkan siswa dalam mempelajarinya. Download gratis materi matematika fungsi versi Materi78 dibawah ini.

 

Fungsi

A. Pendahuluan

Relasi adalah suatu hubungan perkawanan antara daerah asal dan daerah kawan. Fungsi (pemetaan) adalah relasi yang memasangkan setiap anggota daerah asal dengan tepat satu anggota daerah kawan. Istilah-istilah dalam fungsi 1) Daerah asal/domain, 2) Daerah kawan/co-domain, 3) Daerah hasil/range.

 

B. Jenis-jenis Fungsi

Jenis fungsi secara umum:

1) Fungsi injektif (satu-satu) merupakan fungsi yang anggota kodomainnya hanya mempunyai satu pasangan dari anggota domain.

2) Jenis fungsi lain menurut rumus beserta domain alaminya: 1) Fungsi identitas, 2) Fungsi konstan, 3) Fungsi linear, 4) Fungsi kuadrat, 5) Fungsi pecahan, 6) Fungsi polinomial dan eksponen, 7) Fungsi akar kuadrat, 8) Fungsi logaritma, 9) Fungsi bersyarat, 10) Fungsi modulus, 11) Fungsi tangga, 12) Fungsi trigonometri

 

C. Nilai Fungsi

Nilai fungsi dapat dicari dengan mengganti variabel domain dengan harga lain. Karena domain merupakan x, maka seluruh rumus fungsi yang mengandung variabel x juga diubah menjadi harga yang sesuai dengan pengganti domain.

 

D. Fungsi Genap dan Ganjil

Suatu fungsi disebut fungsi genap apabila nilai f(-x)=f(x). Suatu fungsi disebut fungsi ganjil apabila nilai f(-x) = -f(x). fungsi dapat bukan merupakan fungsi genap maupun fungsi ganjil apabila nilai f(-x) ≠ f(x).

 

Invers dan Komposisi Fungsi

A. Invers Fungsi

Invers fungsi (f’(x)) adalah kebalikan dari fungsi f(x) yang juga merupakan sebuah fungsi. Syarat agar suatu fungsi memilik invers yaitu f(x) harus merupakan fungsi bijektif dan grafik fungsi tidak boleh membalik.

 

B. Komposisi Fungsi

Komposisi fungsi (o) adalah kejadian dimana fungsi f yang memetakan anggota x ke y, dilanjutkan oleh fungsi g yang memetakan y ke z. komposisi fungsi dalam berbagai penyajian data: 1) Pasangan berurutan, 2) Rumus fungsi

 

Download fungsi (disini) & invers dan komposisi fungsi (disini). Tulis dikolom komentar jika ada pertanyaan dan bagikan artikel blog gratis ini ke media sosial kalian. Semoga bermanfaat. Terima kasih,

 

Salam Matematika Fungsi


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI MATEMATIKA TRIGONOMETRI (TRIGONOMETRI DASAR, DALIL-DALIL TRIGONOMETRI, IDENTITAS DAN PERSAMAAN TRIGONOMETRI) JENJANG SMA


Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI MATEMATIKA FUNGSI (FUNGSI & INVERS DAN KOMPOSISI FUNGSI) JENJANG SMA"