Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI MATEMATIKA TRIGONOMETRI (TRIGONOMETRI DASAR, DALIL-DALIL TRIGONOMETRI, IDENTITAS DAN PERSAMAAN TRIGONOMETRI) JENJANG SMA

 


Download materi gratis matematika trigonometri versi Materi78 kelas 10, 11, dan 12. Ringkasan materi matematika SMA ini terdiri dari trigonometri dasar, dalil-dalil trigonometri, identitas dan persamaan trigonometri. Rangkuman materi dibuat berdasarkan materi per ban disertai contoh soal dan pembahasannya. Juga dilengkapi gambar dan keterangan sehingga memudahkan dalam mempelajarinya.

 

Trigonometri Dasar

A. Pendahuluan

Trigonometri adalah ilmu matematika yang mempelajari tentang segitiga siku-siku. Pada segitiga siku-siku berlaku teorema Phytagoras dan nilai perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku.

 

B. Nilai Perbandingan Trigonometri

Nilai perbandingan trigonometri adalah nilai perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku. Macam definisi dari nilai perbandingan trigonometri.

 

C. Satuan Sudut

Sudut dinyatakan dalam berbagai macam satuan, yaitu: 1) Satu derajat didefinisika sebagai 1/360 putara penuh satu lingkaran, 2) Satu menit didefinisikan sebagai 1/60 derajat, 3) Satu detik didefinisikan sebagai 1/60 menit, 4) Satu radian didefinisikan sebagai sudut yang dibentuk oleh suatu ukuran sudut yang dibentuk oleh suatu juring lingkaran yang bususrnya bernilai sama dengan jari-jari lingkaran.

 

D. Koordinat Kartesius dan Polar

Suatu sudut dinyatakan dalam koordinat kartesius dan koordinat polar.

 

E. Sudut Istimewa

Perbandingan nilai sisi-sisi segitiga istimewa dan sudutnya.

 

F. Kuadran koordinat Kartesius

Nilai perbandingan trigonometri suatu sudut yang besarnta <90° dapat dijelaskan melalui kuadran koordinat kartesius.

 

Dalil-dalil Trigonometri

A. Aturan Sinus

Aturan sinus adalah perbandingan sisi depan sudut sama dengan perbandingan nilai sinus sudut.

 

B. Aturan Cosinus

 

c. Aturan Luas Segitiga

Luas segitiga dapat dihitung dengan perbandingan trigonometri bila diketahui besar sudut dan besar dua sisi mengapit sudut tersebut.

 

D. Rumus Jumlah dan Selisih Trigonometri

Nilai perbandingan trigonometri dua buah sudut yang dijumlahkan atau dikurangkan dapat dihitung melalui rumus.


E. Rumus Sudut Rangkap dan Pertengahan

Nilai perbandingan trigonometri sudut rangkap dua dan tiga dapat dihitung dengan mengubah sudut menjadi setengah atau sepertiganya menggunakan rumus.

 

Identitas dan Persamaan Trigonometri

 A. Identitas Trigonometri

Identitas trigonometri digunakan untuk membuktikan kebenaran suatu persamaan trigonometri.

 

B. Persamaan Trigonometri

Hubungan anatara dua persamaan sinus mempunyai penyelsaian sin xx = sin a. hubungan antara dua persamaan cosinus mempunyai penyelsaian cos x = cos a. Hubungan antara dua persamaan tangen mempunyai penyelsaian tan x = tan a.

 

C. Persamaan Fungsi Trigonometri

 

Selengkapnya download trigonometri  dasar, download dalil-dalil trigonometri, download identitas dan persamaan trigonometri. Tulis pertanyaan dikolom komentar dan bagikan article blog ini secara gratis.

 

Salam Matematika Trigonometri


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI MATEMATIKA GEOMETRI (MATRIKS, VEKTOR, GEOMETRI, TRANSFORMASI GEOMETRI) JENJANG SMA


Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI MATEMATIKA TRIGONOMETRI (TRIGONOMETRI DASAR, DALIL-DALIL TRIGONOMETRI, IDENTITAS DAN PERSAMAAN TRIGONOMETRI) JENJANG SMA"