Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI MATEMATIKA KALKULUS DASAR (TURUNAN, PENERAPAN TURUNAN, DAN LIMIT) JEJANG SMA


Halo sobat ilmu, gimana kabarnya? Semoga selalu diberikan kesehatan selalu. Kali ini ilmi akan membagikan ringkasan matematika kalkulus dasar yang terdiri dari turunan, penerapan turunan dan limit untuk kelas 10, 11, dan 12 SMA. Sebenernya ilmi kalau mendengar kata kalkulus rasanya gimana gitu hehe. Awalnya memang sulit banget dalam mempelajarinya tapi kalau kita tekun dalam belajar dan latihan soal, pasti bisa. Download gratis link rangkuman materi matematika kalkulus versi Materi78 dibawah ini.

 

Turunan

Turunan adalah laju sesaat perubahan fungsi f(x) pada interval x2 dan x1 yang mendekati nol. Laju sesaat perubahan fungsi (turunan) adalah nilai limit dari laju rata-rata perubahan fungsi f(x) pada interval x2 dan x1 mendekati nol. Disini sobat ilmu akan diberikan rumus-rumus turunan dari beberapa bentuk jadi sobat ilmu tinggal pelajari aja misalnya fungsi U ± V maka turunan fungsinya U’ ± V’. ada juga turunan fungsi aljabar, turunan fungsi trigonometri. Masing-masing subbab diberikan contoh dan cara pengerjaannya. Sobat ilmu bisa pelajari materi turunan ini disini (Download).

 

Penerapan Turunan

Turunan dapat digunakan untuk perhitungan nilai limit, menentukan persamaan fungsi kecepatan dan percepatan dari persamaan fungsi posisi, membentuk persamaan garis singgung suatu fungsi kurva, menentukan sifat dan grafik fungsi kurva, dan menentukan nilai maksimum dan minimum suatu fungsi kurva. Penerapan turunan banyak sekali digunakan dibeberapa bidang misalnya dalah fisika pada kinematika gerak terdapat tiga besaran utama, yaitu posisi (s), kecepatan (v), dan percepatan (a). ada juga penerapan dalam nilai maksimum dan minimum suatu fungsi kurva (f(x) pada suatu interval dapat ditentukan dengan turunan (Download).

 

Limit

Limit adalah batas nilai suatu fungsi f(x) untuk nilai x mendekati a dari kanan dan kiri. Ada istilah limit fungsi aljabar yang dapat dicari dengan memasukkan nilai x ke dalam fungsi. Selanjutnya ada limit fungsi trigonometri dapat dicari dengan memasukkan nilai x ke dalam fungsi. Limit fungsi trigonometri dengan bentuk tak tentu, dapat diselesaikan dengan cara menghilangkan pembuat nol. Kemudian adan sifat-sifat dari limit dalam hal penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan perpangkatan (Download). 

 

Sobat ilmu pasti pusing banget kalau belajar materi yang sama lini, gak aka nada habisnya. Kalo sobat ilmu ada kesulitan dalam mengerjakan soal matematika kalkulus dasar, sobat ilmu bisa tanya dikolom komentar dibawah ini. Jangan lupa untuk selalu membagikan artikel blog gratis ke teman-teman kalian. Semoga bermanfaat. Terima kasih


Salam Matematika Kalkulus Dasar


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI MATEMATIKA ALJABAR II (LINGKARAN DAN SISTEM PERSAMAAN POLINOM) JENJANG SMA


 

Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI MATEMATIKA KALKULUS DASAR (TURUNAN, PENERAPAN TURUNAN, DAN LIMIT) JEJANG SMA"