Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA MODERN (FISIKA ATOM, TEORI KUANTUM, GAS & TERMODINAMIKA) JENJANG SMA

 


Ringkasan materi fisika modern meliputi fisika atom, teori kuantum, gas & termodinamika khusus kelas 10, 11, dan 12 SMA. Rangkuman materi fisika modern ini dirangkum berdasarkan materi per bab. Tidak hanya itu, setiap subbab terdapat rumus beserta gambar dalam penjelasannya. Slidenya pun ringan untuk dipelajari karena tampilannya berwarna. Download gratis materi fisika modern versi Materi78 dibawah ini.

 

Fisika Atom

Bicara atom maka sebenernya kita bicara tentang kimia. Hampir sama persis materinya proton dan neutron yang letaknya ada di inti atom dan elektron di kulit. Dijelaskan juga konsep dasar atom, teori-teori atom beserta kelebihan dan kekurangannya. Di fisika mempelajari atom lebih kepada perhitungannya gaya Coulumb (Fc), menghitung jari-jari orbital/lintasan (r), energi potensial dan energi kinetik. Selain itu juga ada lagi rumus-rumus lainnya. Sobat ilmu tidak perlu khawatir karena setiap pelajaran sains pastinya berhubungan satu sama lainnya. Langsung download aja yuk disini.

 

Teori Kuantum

Teori kuantum adalah teori fisika modern yang menjelaskan segala sesuatu yang tidak dapat dijelaskan oleh teori fisika klasik. Hmm.. menarik yah ilmin jadi semangat untuk belajar fisika modern karena pastinya ilmu itu berkembang terus lho. Seperti radiasi benda hitam yang setiap benda akan memancarkan energi berupa gelombang elektromagnetik dalam bentuk radiasi kalor. Benda hitam sendiri adalah benda yang menyerap sekaligus memancarkan radiasi kalor secara sempurna. Selain itu juga kita belajar tentang hukum pergeseran Wien yang menjelaskan tentang hubungan intensitas dengan frekuensi atau panjang gelombang. Keren deh pokoknya, download disini.

 

Gas & Termodinamika

Rumus persamaan gas ideal udah gak asing lagi yaitu PV = nRT dimana P tekanan, V volume, n jumlah mo, N jumlah partikel, dan T adalah suhu. Di pelajaran kimia juga ada rumus tersebut. Tapi inget yaa fisika itu lebih kepada perhitungan dalam menyelesaikan rumus. Ada proses isotermik, proses isokhorik, dan proses isobarik. Disini juga ada hukum termodinamika 1 “Kalor yang diterima gas digunakan untuk mengubah energi dalam gas menjadi usaha” jangan lupa rumusnya juga yah hehe. Kalau hukum termodinamika II menyatakan kalor tidak mengalir spontan dari dingin ke panas, kecuali ada usaha dari luar. Download disini.

 

Ilmin juga sebenernya masih bingung sihh materi-materi fisika diatas tapi Ilmin terus belajar dan mengasah kemampuan dengan latihan soal. Sobat ilmu, kalo ada pertanyaan bisa langsung ditanyakan dikolom komentar dibawah ini. Selalu bagikan artikel blog gratis ini ke yang lainnya. Semoga jadi lading pahala. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Salam Fisika Modern


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI FISIKA MEKANIKA FLUIDA (FLUIDA STATIS & FLUIDA DINAMIS) JENJANG SMA


Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA MODERN (FISIKA ATOM, TEORI KUANTUM, GAS & TERMODINAMIKA) JENJANG SMA"