Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA MEKANIKA GERAK II (KINEMATIKA GERAK, GERAK PARABOLA, MOMENTUM DAN IMPULS, HUKUM GRAVITASI, DAN GERAK HARMONI) JENJANG SMA

 


Halo sobat ilmu, kembali lagi kepada ilmi di ilmupress.com. Kali ini ilmi akan membagikan ringkasan materi fisika tentang mekanika gerak bagian II. Rangkuman materi fisika mekanika gerak II terdiri dari kinematika gerak, gerak parabola, momentum dan impuls, hukum gravitasi, dan gerak harmoni kelas 10, 11 dan 12 SMA. Ringkasan materi ini lengkap poin poin penting, rumus-rumus, dan gambar dalam memahami materi ini. Download gratis materi fisika mekanika gerak II versi Materi78  dibawah ini.

 

Kinematika Gerak dengan Analisis Vektor

Vektor berhubungan dengan matematika dimana terdapat dua komponen yaitu komponen x atau garis horizontal dan komponen y atau garis vertikal. Kedua komponen vektor tersebut memiliki resultan yang memiliki arah yang merupakan akar dari jumlah kuadrat komponen x dan y. teman-teman akan mempelajari posisi (r), kecepatan (v), dan percepatan (a). Pastinya ada turunan-turunannya baik posisi, kecepatan maupun percepatan dan kombinasinya. Sobat ilmu bisa langsung akses disini.

 

Gerak Parabola

Hmm, inget parabola inget antena parabola di tv hehe. Sebenernya gerak parabola itu apa sih sobat ilmu? Gerak parabola adalah gabungan gerak horizontal yang merupakan GLB dan gerak vertikal yang merupakan GLBB. Sobat ilmu juga akan mempelajari kecepatannya dalam gerak parabola ini. Kecepatan awal, kecepatan gerak, posisi benda, waktu yang dibutuhkan sampai jarak maksimum. Di bab ini cuman hanya ada satu slide aja ko tapi tetep dipelajari yah, klik disini.

 

Momentum dan Impuls

Momentum adalah ukuran kesukaran untuk menghentikan suatu benda yang bergerak. momentum (p) sendiri dirumuskan sebagai massa benda (m) dikalikan dengan kecepatan benda (v). kalo momentum yang dikerjakan benda lebih dari satu berdasarkan konsep vektor disebut resultan momentum. Ada juga istilah impuls yakni perubahan momentum atau gaya yang mengubah suatu momentum (gaya impulsif). Selanjutnya tumbukan didefinisikan sebagai proses pertemuan dua benda bermassa yang memiliki momentum. Selengkapnya disini.

 

Hukum Gravitasi

Bayangin deh sobat ilmu kalo bumi ga ada gravitasnya seperti bulan. Pastinya kita semua melayang-layang diudara, asik juga kayak terbang hehe karena ga ada gaya gravitasi. Gaya gravitasi antara dua benda adalah gaya tarik-menarik dan harganya berbending lurus dengan massa masing-masing benda, dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara keduanya. Panjang juga pengertiannya, semoga bisa dipahami yah sobat ilmu. Selanjutnya ada pengertian medan gravitasi yakni medan yang menyebar dari benda bermassa dan memenuhi ruang di sekitarnya yang berupa gaya gravitasi. Di bab ini juga ada hukum Keppler I, II, dan III. Semangat. Download disini.

 

Gerak Harmoni

Elastisitas adalah kemampuan benda untuk kembali ke keadaan awal segera setelah gaya luar yang diberikan pada benda hilang. Seperti karet yah yang bisa melar lalu kembali lagi ke keadaan awal. Nah, elastisitas ini membuat benda mengalami tegangan dan regangan. Ada hukum Hooke yang menjelaskan bahwa “Elastisitas benda hanya berlaku sampai suatu batas yaitu batas elastisitas.” Kalo gerak harmonik apa sih? Sederhananya gerak bolak-balik benda yang terjadi di sekitar titik kesetimbangan. Ada istilah titik seimbang, simpangan (y), amplitudo (A), dan gaya pemulih (Fp). Langsung didownload disini yaa.

 

Kurang lebih seperti itu sobat ilmu materi fisika mekanika gerak (II). Jangan terlalu overthinking sih langsung aja ditanyakan dikolom komentar dibawah ini. Bagikan artikel blog gratis ini ke media sosial sobat ilmu. Semoga bermanfaat. Terima kasih

 

Salam Fisika Mekanika Gerak (II)


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI MATEMATIKA ARITMATIKA (PROGRAM LINEAR, LOGIKA MATEMATIKA, STATISTIKA, BARIS DAN DERET) JENJANG SMA

Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA MEKANIKA GERAK II (KINEMATIKA GERAK, GERAK PARABOLA, MOMENTUM DAN IMPULS, HUKUM GRAVITASI, DAN GERAK HARMONI) JENJANG SMA"