Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA MEKANIKA FLUIDA (FLUIDA STATIS & FLUIDA DINAMIS) JENJANG SMA

 



Download gratis rangkuman materi fisika mekanika fluida yang terdiri dari fluida statis & fluida dinamis  untuk kelas 10, 11, dan 12 SMA. Ringkasan ini dibuat berdasarkan materi per bab sehingga memudahkan siswa-siswi dalam belajar materi ini. Tidak hanya rangkuman namun juga dilengkapi dengan contoh soal dan gambar dalam memahami materi tersebut. Download materi fisika mekanika fluida dibawah ini versi Materi78.

 

Fluida Statis

Dalam mempelajari materi, hal pertama yang perlu kita pelajari yaitu definisi. Fluida adalah segala zat yang dapat mengalir, yaitu zat cair dan gas. Fluida statis sendiri adalah ilmu yang mempelajari fluida dalam keadaan diam. Selanjutnya kita akan membahas tentang tekanan yang didefinisikan sebagai besar gaya yang bekerja pada permukaan benda tiap satuan luas. Tekanan (P) dengan rumus gaya tekan (F) dibagi dengan luas permukaan tekan (A). Kemudian ada tekanan hidrostatis yaitu tekanan yang dimiliki zat cair yang hanya disebabkan oleh beratnya sendiri. Kita pun tidak asing dengan hukum Pascal yang berbunyi “Tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup diteruskan sama besar ke segala arah. Ada juga hukum Archimedes yang berbunyi “Gaya apung yang bekerja pada suatu benda yang dicelupkan sebagian atau seluruhnya ke dalam suatu fluida sama dengan berat fluida yang dipindahkan benda tersebut. Selangkapnya sobat ilmu bisa download disini yaa.

 

Fluida Dinamis

Berbeda dengan fluida statis yang diam, fluida dinamis adalah ilmu yang mempelajari fluida dalam keadaan bergerak. Tentu materi ini lebih menantang karena materi yang kita pelajari itu bergerak daripada materi yang sebelumnya. Materi selanjutnya tentang debit aliran adalah besaran yang menyatakan volume fluida yang mengalir melalui suatu penampang dalam waktu tertentu. Selanjutnya ada hukum atau persamaan Bernoulli yang menyatakan “Jumlah dari tekanan, energi kinetik per volume dan energi potensial per volume memiliki nilai yang sama pada tiap titik di sepanjang suatu garis arus.” Ada juga teorema Torricelli yang menjelaskan bahwa “Jika suatu wadah yang berhubungan dengan atmosfer bagian atasnya, kemudian memiliki lubang yang jauh lebih kecil dari luas penampang wadah di bawah permukaan fluida, maka kelajuan semburan fluida sama dengan kelajuan gerak jatuh bebas benda.” Download disini.

 

Pada dasarnya materinya tentang fluida diam sama fluida bergerak. Jadi di materi ini lebih kepada hukum-hukum yang berlaku. Pelajari konsep dasarnya, perbanyak latihan soal. Kalo sobat ilmu ada soal yang belum mengerti jangan malu untuk bertanya dibawah ini. Kalo suka dengan artikel blog ini, share yah ke lainnya supaya bisa bermanfaat. Semoga bermanfaat. Terima kasih


Salam Fisika Fluida


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI FISIKA MEKANIKA GERAK (II) (KINEMATIKA GERAK, GERAK PARABOLA, MOMENTUM DAN IMPULS, HUKUM GRAVITASI, DAN GERAK HARMONI) JENJANG SMA


Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA MEKANIKA FLUIDA (FLUIDA STATIS & FLUIDA DINAMIS) JENJANG SMA"