Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA LISTRIK (LISTRIK STATIS, LISTRIK BOLAK-BALIK, INDUKSI MAGNET, INDUKSI ELEKTROMAGNETIK) JENJANG SMA

 


Ringkasan materi fisika listrik terdiri dari listrik statis, listrik bolak-balik, induksi magnet, induksi elektromagnetik untuk kelas 10, 11 dan 12 SMA. Rangkuman materi fisika listrik dibuat berdasarkan materi per bab ditambah dengan rumus-rumus setiap materi. Terdapat gambar pada materi fisika listrik SMA ini sehingga memudahkan dalam mempelajarinya. Download gratis materi fisika listrik versi Materi78 dibawah ini.

 

Listrik Statis

Kalo sebelumnya kita membahas listrik dinamis yang berhubungan dengan kehidupan kita. Maka kali ini kita akan membahas listrik statis. Listrik statis adalah listrik yang tidak mengalir dan berupa muatan listrik pada suatu benda. Muatan sendiri terdiri dari muatan positif dan muatan negatif. Dimana jika muatan listrik sejenis maka akan tolak-menolak sebaliknya jika muatan listrik berbeda akan tarik-menarik. Teman-teman akan diminta untuk menghitung gaya Coulumb tapi tenang aja ada contoh soal dan pembahasannya ko. Ada juga medan listrik yaitu daerah di sekitar benda bermuatan yang masih dipengaruhi gaya Coulumb. Di bab ini banyak sekali rumus tiap materi namun pada dasarnya sama ko harus bisa menguasai konsep dasarnya. Download disini.

 

Listrik Bolak-balik

Listrik bolak-balik atau biasa disingkat dengan AC dihasilkan dari induksi elektromagnetik. Ada juga istilah arus AC dan tegangan AC yaitu arus dan tegangan yang nilainya berubah terhadap waktu secara sinusoidal. Disini terdapat hukum Ohm  beserta rumusnya V=I.R. rangkaian listrik bolak-balik (AC) dapat dibuat menjadi rangkaian resistif murni, induktif murni, kapasitif murni dan rangkaian RLC. Menarik yah sobat ilmu, bisa jadi teman-teman jadi ahli listrik lho hihi. Tetap semangat belajarnya. Download disini.

 

Induksi Magnet

Waktu kecil pernah main magnet kan? Nah sebenernya apa sih magnet itu? Magnet adalah benda yang menghasilkan medan magnet berupa muatan yang bergerak. Cirinya magnet terdapat kutub utara dan kutub selatan. Dimana jika ada dua magnet didekatkan pada kutub yang sama maka akan tolak-menolak sebaliknya jika didekatkan pada kutub yang berbeda maka akan Tarik-menarik. Magnet itu sebenernya luas banget kalau kita mau menyelami lebih dalam lagi. Misalnya induksi magnet menurut Biot-Savart mengatakan “Induksi magnet pada suatu titik pada penghantar adalah resultan medan magnet yang ditimbulkan oleh muatan yang bergerak.” Ada juga istilah gaya Lorentz (F) adalah gaya yang timbul pada muatan yang bergerak dalam medan magnet. Download disini.

 

Induksi Elektromagnetik

Induksi elektromagnetik adalah besar arus listrik yang ditimbulkan oleh perubahan medan magnet (fluiks magnet). Dibab ini yang cukup terkenal hukum Faraday yang menjelaskan ggl induksi berhubungan dengan laju perubahan fluks magnet. “Besar ggl induksi yang timbul dalam suatu rangkaian sama dengan laju perubahan fluks magnet yang terjadi pada rangkaian tersebut.” Ada juga aplikasi elektromagnetik, wah pokoknya banyak banget deh sobat ilmu. Langsung aja deh download materinya supaya bisa dipelajari lebih lengkap lagi. Download disini.

                                      

Kalo sobat ilmu lagi overthinking, langsung aja ditanyain dikolom komentar dibawah ini. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel blog gratis ini ke teman-teman kalian supaya bisa merasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih

 

Salam Fisika Listrik


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI FISIKA MODERN (FISIKA ATOM, TEORI KUANTUM, GAS & TERMODINAMIKA) JENJANG SMA

Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA LISTRIK (LISTRIK STATIS, LISTRIK BOLAK-BALIK, INDUKSI MAGNET, INDUKSI ELEKTROMAGNETIK) JENJANG SMA"