Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA GELOMBANG (GELOMBANG, GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK, GELOMBANG BUNYI, DAN OPTIKA (II)) JENJANG SMA

 



Ringkasan materi fisika gelombang terdiri dari gelombang, gelombang elektromagnetik, gelombang bunyi, dan optika (II) untuk kelas 10, 11 dan 12 SMA. Rangkuman materi fisika gelombang ini disusun berdasarkan materi per bab beserta contoh soalnya. Materi fisika gelombang dibuat semenarik mungkin dengan warna tiap slide. Download gratis materi fisika gelombang versi Materi78 dibawah ini.

 

Gelombang

Gelombang sendiri adalah getaran yang merambat. Gelombang merambat getaran tanpa memindahkan partikel. Teman-teman akan mempelajari juga tentang besaran-besaran gelombang salah satunya amplitudo yaitu simpangan terjauh yang dimiliki suatu gelombang. Selain itu juga mempelajari gelombang berjalan, gelombang stasioner, dan gejala-gejala gelombang. Teman-teman tidak perlu khawatir karena setiap subbab ada gambar dari gelombang supaya lebih mudah dalam mempelajarinya. Di bab ini juga ditampilkan rumus-rumus dari masing-masing gelombang.

 

Gelombang elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik adalah gelombang yang tidak membutuhkan medium untuk merambat. Nah, teori mengenai gelombang elektromagnetik dikemukkan melalui hipotesis Maxwell dan percobaan Hertz. Apa sih bunyi hipotesis Maxwell? “Apabila perubahan medan magnetik dapat menimbulkan medan listrik, maka perubahan medan listrik dapat menimbulkan medan magnet.” Adapaun percobaan Hertz dengan cara membangkitkan gelombang elektromagnetik melalui dua elektroda bola yang diinduksikan tegangan sehingga menghasilkan percikan api. Disini juga akan mempelajari tentang spectrum gelombang elektromagnetik yang terdiri dari bermacam-macam gelombang yang berbeda frekuensi (f) dan panjang gelombang. Di bab ini sebagian besar teori dan sedikit hitung-hitungannya.

 

Gelombang bunyi

Gelombang bunyi tergolong gelombang mekanik karena membutuhkan medium untuk merambat. Pernah denger gak sih kalau manusia dapat mendengar frekuensi dari 20 Hz sampai 20.000 Hz atau disebut dengan audiosonik. Adapun infrasonik frekuensi < 20 Hz dan ultrasonik > 20.000 Hz. Ada juga istilah resonansi yakni suatu benda karena adanya benda lain yang bergetar akibat kesamaan frekuensi. Di bab ini juga akan mempelajari gejala-gejala gelombang bunyi diantaranya refleksi (pemantulan), refraksi (pembiasan), difraksi (pelenturan) dan interferensi (perpaduan). Setiap subbab terdapat rumus sehingga teman-teman perlu banyak latihan soal.

 

Optika (II)

Optika fisis adalah ilmu yang membahas kuantitasi cahaya, yaitu difraksi, interferensi, dan polarisasi cahaya. Menariknya belajar fisika itu kita mengamati suatu objek suatu benda seperti ketika cahaya dibelokkan, penguraian cahaya polikromatik menjadi cahaya monokromatik, ketika melintasi celah sempit maka terdapat penyebaran gelombang cahaya, dan perpaduan gelombang cahaya koheren. Disini juga berhubungan dengan sin, cos, dan tan dalam menjelaskan berbagai kejadian dalam sudut.

 

Itulah gambaran secara umum tentang fisika gelombang. Pusing? Pasti sih ilmin juga pernah ko ada difase itu. Hehe tapi yg jelas perlu banyak latihan soal dan kuasai konsep dasarnya. Kalo ada pertanyaan bisa ditulis dikolom komentar dibawah ini. Dan share artikel blog gratis ini ke teman-teman kalian. Semoga bermanfaat. Terima kasih

 

Salam Fisika Gelombang


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI FISIKA LISTRIK (LISTRIK STATIS, LISTRIK BOLAK-BALIK, INDUKSI MAGNET, INDUKSI ELEKTROMAGNETIK) JENJANG SMA

Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA GELOMBANG (GELOMBANG, GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK, GELOMBANG BUNYI, DAN OPTIKA (II)) JENJANG SMA"