Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA DASAR (BESARAN & PENGUKURAN, SUHU, KALOR, VEKTOR, LISTRIK DINAMIS, HUKUM GERAK NEWTON, ALAT OPTIK, KINEMATIKA GERAK LURUS, OPTIKA (I)) JENJANG SMA

 


Ringkasan materi fisika dasar yang terdiri dari besaran & pengukuran, suhu, kalor, vektor, listrik dinamis, hukum gerak newton, alat optik, kinematika gerak lurus, dan optika bagian 1 untuk kelas 10, 11, dan 12 SMA. Rangkuman materi ini disusun berdasarkan materi per bab ditambah tampilan slide yang berwarna sehingga memudahkan untuk dipelajari. Download gratis materi fisika dasar versi Materi78 dibawah ini.

 

Bab pertama membahas besaran dan pengukuran

Dimana besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan bilangan dan satuan. Sedangkan satuan adalah sesuatu yang menyatakan ukuran suatu besaran yang diikuti bilangan. Bab ini termasuk materi awalan dalam memperlajari bab fisika berikutnya karena di bab ini juga akan mempelajari tentang satuan. Sehingga teman-teman wajib paham betul dalam mempelajarinya.

 

Bab kedua membahas suhu

Dengan definisi ukuran atau derajat panas dinginnya suatu benda atau sistem. Teman-teman pasti mengetahui tentang alat yang digunakan untuk mengukur suhu yang bernama termometer. Jadi teman-teman akan diminta untuk bisa membaca skala Celcius, Reamur, Fahrenheit dan Kelvin serta dapat mengkonversinya. Selanjutnya tentang pemuaian zat dimana ada hukum-hukum yang berlaku. Oh yah, di bab ini teman-teman sudah mulai hitung-hitungan hehe.

 

Bab ketiga tentang kalor

Kalor adalah energi yang berpindah/mengalir dari benda bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah untuk mencapai kesetimbangan termal. Teman-teman pasti udah tau dong yah kalo air dimasukkan ke dalam freezer kulkas pasti akan membeku begitu pun sebaliknya es batu saat dikeluarkan dari kulkas maka lama-kelamaan akan mencair. Yes, perubahan tersebut disebut dengan perubahan wujud oleh kalor (padat-cair-gas-padat).

 

Bab keempat itu vektor

Sederhannya, vektor itu diberi nama dengan huruf kecil bergaris atas atau menyebut titik pangkal dan ujungnya. Jadi teman-teman akan diminta untuk membaca arah vektor lalu menjumlahkan atau mengurangkan vektor tersebut. Disini juga teman-teman akan mempelajari seperti matematika yaitu trigonometri sederhana (sin, cos, tan). Tidak perlu khawatir karena disini diberikan contoh soal dan cara mengerjakannya.

 

Bab kelima tentang listrik dinamis

Listrik itu sudah menjadi kebutuhan dasar sehari-hari dalam hal menyalakan lampu, tv, wifi, atau kalo baterai hp kita lowbat maka perlu dicas dengan menggunakan listrik. Listrik bergerak dalam bentuk arus listrik sedangkan arus listrik sendiri adalah gerakan muatan-muatan listrik berupa gerakan elektron dalam suatu rangkaian listrik dalam waktu tertentu karena adanya tegangan listrik. Sudah pasti disini teman-teman aka nada banyak hitung-hitungan tentang listrik.

 

Bab keenam mempelajari hukum gerak Newton 

Dulu, Pak Newton sedang duduk santai dibawah pohon lalu tiba-tiba ada buah apel terjatuh. Nah apel terjatuh dari atas ke bawah inilah yang mendasari Pak Newton dalam mengambil hukum gerak Newton yang menjelaskan hubungan gaya dan gerak yang diakibatkan oleh gaya tersebut. Hukum gerak Newton tersebut terdiri dari hukum kelembaman, hukum Newton II dan hukum aksi-reaksi. Keren yah, padahal istilahnya dulu Pak Newton lagi rebahan dibawah pohon tapi rebahannya berfaedah karena dari rebahan tersebut bisa membuat sebuah hukum. Kira-kira kamu rebahannya berfaedah apa ngga nih? Hehe

 

Bab ketujuh belajar tentang alat optik

Alat optik adalah alat bantu yang digunakan untuk meningkatkan daya penglihatan manusia karena kemampuannya terbatas. Gampangnya kacamata, mikroskop, kamera, dan teropong. Teman-teman akan mempelajari terlebih dahulu tentang mata dan bagian-bagian mata. Selain itu juga dalam menambah wawasan itu akan mempelajari tentang kelainan mata seperti miopi (rabun jauh) dan hipermetropi (rabun dekat). Oh yah kalo teman-teman punya masalah mata lebih baik ke dokter spesialis mata yah hehe

 

Bab kedelapan membahas tentang kinematika gerak lurus

Kita akan belajar tentang gerak. Apa sih itu gerak? Gerak adalah keadaan dimana suatu benda berubah kedudukannya atau posisinya terhadap titik acuan. Selain itu, ada yang namanya gerak lurus secara garis besar dibagi menjadi gerak lurus beraturan (GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Gerak itu hubungannya dengan jarak atau simbolnya x dan kecepatan dengan simbol v. Teman-teman kemungkinan akan kebingungan ketika membahas tentang gerak karena gerak itu dinamis sehingga teman-teman perlu menguasai konsep dasar dari gerak itu sendiri.

 

Bab terakhir tentang optika (I)

Optika adalah ilmu yang mempelajari cahaya. Tidak hanya definisi tapi juga mempelajari tentang sifat-sifat cahaya. Kalo dilihat ini sebagian besar teori walaupun ada hitung-hitungannya. Bagaimana sih cahaya itu dipantulkan, kalo dipantulkan cahaya pada cermin gimana, kemudian ada pembiasan cahaya, dan pembiasan cahaya oleh lensa. Ditambah dari itu akibatnya bagaimana. Jadi teman-teman perlu memiliki daya nalar yang tinggi dalam mempelajari materi ini.

 

Nah, itulah materi tentang fisika dasar jika ada pertanyaan bisa tulis pertanyaan kalian dikolom komentar dibawah ini dan jangan lupa untuk membagikan materi gratis ini kepada teman-teman yang lain. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Salam Fisika Dasar


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI FISIKA GELOMBANG (GELOMBANG, GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK, GELOMBANG BUNYI, DAN OPTIKA (II)) JENJANG SMA

Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI FISIKA DASAR (BESARAN & PENGUKURAN, SUHU, KALOR, VEKTOR, LISTRIK DINAMIS, HUKUM GERAK NEWTON, ALAT OPTIK, KINEMATIKA GERAK LURUS, OPTIKA (I)) JENJANG SMA"