Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI EKONOMI BAGIAN PERTAMA (SISTEM PEREKONOMIAN, BENTUK-BENTUK PASAR, PERMINTAAN DAN PENAWARAN, KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN, SERTA PERMASALAHAN EKONOMI) JENJANG SMA

 


Ringkasan materi ekonomi meliputi sistem perekonomian, bentuk-bentuk pasar, permintaan dan penawaran, kebutuhan dan kelangkaan, serta permasalahan ekonomi. Rangkuman materi ini dibuat berdasarkan materi per bab untuk kelas 10, 11, dan 12 SMA. Materi ekonomi bagian pertama sebagai langkah awal dalam mempelajari materi ekonomi kedua dan ketiga. Download gratis materi ekonomi bagian pertama versi Materi78 dibawah ini.

 

Sistem Perekonomian (Download)

A. Pendahuluan

Sistem perekonomia adalah perpaduan dari aturan atau cara yang merupakan satu kesatuan yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan perekonomian. Sistem perekonomian di dunia terdiri dari beberapa macam, diantaranya: 1) Sistem perekonomian tradisional, 2) Sistem perekonomian pasar/kapitalis, 3) Sistem perekonomia terpusat/komunis, 4) Sistem perekonomia campuran.

 

B. Sistem Perekonomian Tradisional

            Sistem perekonomian tradisional adalah sistem yang digunakan oleh masyarakat tradisional yang mengandalkan alam dan tenaga kerja.

 

C. Sistem Perekonomian Pasar/Kapitalis

            Sistem perekonomia pasar adalah sistem yang dianut oleh Negara-negara kapitalis yang mengandalkan keadaan pasar.

 

D. Sistem Perekonomian Terpusat/Komunis

            Sistem perekonomia terpusat atau komando adalah sistem yang dianut oleh Negara-negara komunis yang dilakukan pemerintah.

 

E. Sistem Perekonomian Campuran

            Sistem perekonomian campuran adalah sistem yang mengambil kebaikan dari sistem perekonomian kapitalis dan komunis.

 

Bentuk-bentuk Pasar (Download)

A. Pendahuluan

            Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemuanya penjual dan pembeli melakukan transaksi barang dan jasa. Pasar dalam arti luas adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga terjadi kesepakatan. Pasar dari sisi permintaan dan penawaran terbagi menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

 

B. Pasar Persaingan Sempurna

            Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang penjual dan pembelinya tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga pasar benar-benar nhasil interaksi keduanya.

 

C. Pasar Persaingan Tidak Sempurna

            Pasar persaingan tidak smepurna adalah pasar yang penjual dan pembelinya dapat mempengaruhi harga.

 

D. Pasar Monopolistik

            Pasar monopolistik adalah pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli. 

 

E. Pasar Monopoli

            Pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu penjual.

 

F. Pasar Oligopoli

            Pasar oligopoli adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual saja.

 

G. Pasar Monopsoni dan Oligopsoni

            Pasar monopsoni adalah pasar dengan pembeli tunggal dan penjual banyak. Pasar oligopsoni adalah pasar dengan beberapa pembeli dan penjual banyak.

 

H. Peranan Pemerintah dalam Pembentukan Harga Pasar

            Pemerintah mengatur pembentukan harga pasar agar mengurangi kerugian produsen atau konsumen akibat ketidakcocokan harga sehingga perekonomian tetap lancar.

 

Permintaan dan Penawaran (Download)

A. Pendahuluan

            Mekanisme harga pasar ditentukan oleh permintaan (demand) dan penawaran (supply). Permintaan dan penawaran selanjutnya akan membentuk harga keseimbangan yang disebut harga ekuilibrium.

 

B. Permintaan

            Permintaan (demand) adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen dalam tingakt harga dan waktu tertentu.

 

C. Penawaran

            Penawaran (supply) adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen dalam tingakt harga dan waktu tertentu.

 

D. Harga Ekuilibrium

            Harga ekuilibrium/keseimbangan/pasar adalah harga kesepakatan yang terbetuk dari tawar-menawar antara penjual dan pembeli.

 

E. Pergeseran Harga Ekuilibrium

            Pergeseran harga ekuilibrium terjadi akibat: 1) Pergeseran kurva permintaan, 2) Pergeseran Kurva penawaran, 3) Pergeseran kurva permintaan dan penawaran.

 

Kebutuhan dan Kelangkaan (Download)

A. Kebutuhan

            Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Kebutuhan digolongkan menjadi beberapa jenis menurut intensitas, sifat, waktu, dan subyeknya.

 

B. Benda Pemuas Kebutuhan

            Benda pemuas kebutuhan adalah barang dan jasa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

 

C. Kelangkaan

            Kelangkaan (scarcity) adalah kondisi dimana kebutuhan manusia tidak dapat atau sulit terpenuhi.

 

D. Biaya Sehari-hari dan Biaya Peluang

            Biaya adalah pengorbanan untuk mendapatkan sesuatu. Biaya sehari-hari atau langsung adalah biaya yang dikeluarkan sehari-hari untuk melakukan suatu kegiatan.

 

Permasalahan Ekonomi (Download)

A. Permasalahan Ekonomi Klasik

            Teori ekonomi klasik menyebutkan bahwa ada tiga masalah pokok ekonomi klasik yang menjadi satu kesatuan. Teori ekonomi kalsik memiliki satu tujuan, yaitu untuk mencapai kemakmuran.

 

B. Permasalahan Ekonomi Modern

            Teori ekonomi modern menyebutkan ada dua kunci utama permasalahn ekonomi: 1) Kelangkaan, 2) Pilihan.

 

C. Apa dan Berapa yang Diproduksi?

            Karena sumber daya terbatas dan kebutuhan masyarakat beragam, maka masyarakat harus memutuskan baranng dan jasa apa yang diproduksi.

 

D. Bagaimana cara memproduksinya?

            Produksi hendaknya dilakukan melalui perencanaan. Perencanaan bertujuan untuk melakukan produksi seefisien mungkin dengan hasil optimal.

 

E. Siapa Produsen dan Untuk Siapa Diproduksi?

            Masalah yang terkait dengan masalah pokok ini: Di zaman modern, siapapun dapat menjadi produsen , baik pihak pemerintah, swasta, maupun koperasi.


F. Penyelesaian Permasalahan Ekonomi

            Permasalahan ekonomi modern diselesaikan dengan sistem perekonomian. Sistem perekonomian adalah cara untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi modern dengan manjwab tiga masalah pokok ekonomi modern.


Jika ada pertanyaan bisa tulis dikolom komentar dibawah ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel blog ini gratis. Semoga bermanfaat. 

 

Salam Ekonomi bagian pertama


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI EKONOMI BAGIAN KEDUA (PENDAPATAN NASIONAL, KEBIJAKAN MONETER, INFLASI DAN INDEKS HARGA, UANG, PERBANKAN, KETENAGAKERJAAN DAN PENGANGGURAN) JENJANG SMA

Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI EKONOMI BAGIAN PERTAMA (SISTEM PEREKONOMIAN, BENTUK-BENTUK PASAR, PERMINTAAN DAN PENAWARAN, KEBUTUHAN DAN KELANGKAAN, SERTA PERMASALAHAN EKONOMI) JENJANG SMA"