Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI BIOLOGI GENETIKA (PEMBELAHAN SEL, SUBSTANSI GEN, REPLIKASI DNA DAN SINTESIS PROTEIN) JENJANG SMA

 


Rangkuman materi biologi genetika meliputi pembelahan sel, substansi gen, replikasi DNA dan sintesis protein kelas 10, 11, dan 12 SMA. Ringkasan materi biologi genetika SMA ini dirangkum berdasarkan materi per bab sehingga mudah untuk dipelajarinya. Ditambah materi tiap slide berwarna maka penampilan menjadi menarik. Download gratis materi biologi genetika SMA dibawah ini.

 

Pembelahan Sel

A. Pendahuluan

Pembelahan sel adalah proses perbanyakan sel dengan membagi sel menjadi dua. Pembelahan sel terjadi dalam dua cara, yaitu amitotik dan mitotik.

 

B. Pembelahan Sel

Pembelahan sel secara mitotik terbagi menjadi dua cara, yaitu mitosis dan meiosis.

 

C. Pembelahan Mitosis

Pembelahan mitosis adalah pembelahan yang 1) terjadi pada sel tubuh, 2) melalui satu kali pembelahan dan menghasilkan 2 sel anakan yang bersifat diploid (2n) dan sama dengan induknya, 3) Bertujuan memperbanyak jumlah sel untuk pertumbuhan dan perkembangan.

 

D. Pembelahan Meiosis

Pembelahan meiosis adalah pembelahan yang 1) Terjadi pada sel kelamin, 2) Melalui dua kali pembelahan dan menghasilkan 4 sel anakan yang bersifat haploid (n) dan beda dengan induknya, 3) Bertujuan untuk menghasilkan gamet melalui gametogenesis.

 

E. Gametogenesis

Gametogenesis adalah proses pembentukan proses pembentukan gamet jantan (sperma) dan gamet betina (ovum).

 

Substansi Gen

A. DNA

DNA adalah satuan unit fungsional penyimpan kode gen (genom) yang terdapat dalam nukleus. Struktur DNA menurut Watson-Crick adalah berupa heliks ganda antiparalel yang berarti pita yang terdiri dari rantai ganda yang berlawanan sejajar.

 

B. Kromosom

Kromosom adalah struktur DNA yang telah memadat akibat digulung oleh binding protein. Kromosom dibentuk pada fase profase pada pembelahan sel.

 

C. Gen

Gen (genom) adalah fragmen pita DNA  yang menjadi faktor pembawa sifat yang dapat diturunkan. Gen disimbolkan dalam huruf. Gen dominan ditullis dengan huruf kapital, sedangkan gen resesif ditulis dengan huruf kecil.

 

D. RNA

RNA adalah satuan unit fungsional penyalur kode gen (genom) yang berasal dari DNA. Struktur RNA adalah berupa pita yang terdiri dari rantai  tunggal. RNA tersusun atas ribonukleotida, namun tetap disebut polinukleotida.

 

Replikasi DNA dan Sintesis Protein

A. Pendahuluan

Replikasi DNA dan sintesis protein adalah dua hal yang dilakukan sebelum pembelahan sel. Replikasi DNA dan sintesis protein bertujuan untuk menghasilkan segala sesuatu dalam sel menjadi dua kali lipat untuk keperluan pembelahan sel.

 

B. Replikasi DNA

Replikasi DNA adalah proses penggandaan DNA baru menggunakan DNA yang telah ada.

 

C. Sintesis Protein

Sintesis protein adalah proses pembentukan asam amino melalui kode gen yang dibuat DNA.

 

Itulah 3 materi tiap bab, berikutnya download materi biologi genetika SMA versi Materi78 melalui link dibawah ini:

 

Pembelahan Sel

Substansi Gen

Replikasi DNA dan Sintesis Protein

 

Jika ada pertanyaan, silahkan tulis dikolom komentar dibawah ini dan share artikel blog ini gratis ke teman-teman yang lainnya. Terima kasih

 

Salam Biologi Genetika


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI BIOLOGI MIKROBIOLOGI (MONERA, PROTISTA, VIRUS, DAN FUNGI) JENJANG SMA


Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI BIOLOGI GENETIKA (PEMBELAHAN SEL, SUBSTANSI GEN, REPLIKASI DNA DAN SINTESIS PROTEIN) JENJANG SMA"