Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

[DOWNLOAD] RINGKASAN MATERI BAHASA INGGRIS SMA

 


Ringkasan materi bahasa inggris kelas 10, 11 dan 12 SMA. Rangkuman materi bahasa inggris ini disusun berdasarkan bab per bab sehingga memudahkan siswa dalam mempelajarinya. Ringkasan materi bahasa inggris ini juga disertai dengan trik dan strategi belajar agar lebih mudah dalam penguasaan bahasa inggris.

 

Chapter 1 Percakapan

Dalam ujian nasional, kamu tentunya akan sering menjumpai percakapan atau dialog. Dibagian ini, kamu akan mendengarkan dialog. Masing-masing dialog akan diperdengarkan hanya dua kali sehingga kamu harus menyimak baik-baik agar dapat memahami apa yang sedang dibicarakan. Berikut adalah trik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada bagian ini, adalah sebagai berikut.

1. Pada saat narrator membacakan “Direction” kamu harus segera membaca pertanyaan beserta pilihan jawaban yang ada pada soal.

2. Biasanya dialog dibaca dua kali, ini merupakan kesempatan kamu untuk meyakinkan jawabanmu benar.

3. Pada saat membaca pilihan jawaban, kamu harus dapat menentukan kata tanya yang akan digunakan narrator? Apakah what, who, when, where, why, how, how long, how much, how many dll.

4. Kamu harus mengetahui dimana pembicaraan tersebut dilakukan, siapa mereka, apa hubungan mereka, atay aoa yang mereka kerjakan.

 

Chapter 2 Ungkapan dan Respon

Ungkapan dan responnya sering muncul dalam ujian nasional. Percakapan-percakapan tersebut akan diperdengarkan hanya dua kali. Kamu harus menyimak dengan cermat untuk memahami apa yang diucapkan oleh masing-masing anggota percakapan.

Berikut adalah beberapa strategi yang dapat diterapkan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada bagian ini.

1. Konsentrasikan perhatianmu pada  makna dari percakapan tersebut.

2. Perhatikan pilihan-pilihan jawaban yang tersedia.

3. Ingat bahwa pilihan jawaban yang benar adalah resepon yang paling tepat untuk melengkapi percakapan. 

4. Bila kamu tidak memahami makna percakapan, kamu dapat menebak pilihan jawaban yang benar dengan cara memilih jawaban  pilihan jawaban yang disediakan.

 

Chapter 3 Monolog

Kamu akan mendengarkan monolog. Monolog tersebut akan diperdengarkan hanya dua kali. Oleh karena itu, kamu harus menyimak baik-baik untuk memahaminya. Setelah kamu mendengarkan monolog, kamu akan menemukan pertanyaan-pertanyaan tentang isi monolog tersebut. Baca lima pilihan jawaban dan tentukan pilihanjawaban yang paling sesuai untuk pertanyaan yang sudah kamu dengarkan.

 

Berikut adalah trik yang dapat digunakan dalam mengerjakan bagian monolog ini.

1. Apabila ada waktu, bacalah pilihan-pilihan jawaban yang ada pada bagian ini.

2. Konsentrasi pada monolog, terutama pada bagian awal karena biasanya bagian tersebut memuat gagasan utama, atau topic monolog.

3. Konsentrasikan pada informasi detil monolog (apa yang dibicarakan, siapa yang berbicara, dimana terjadinya dan sebagainya).

4. Konsentrasi pada isi dan konteks monolog. Semua informasi yang diperlukan untuk menajwab pertanyaan ada dalam monolog. Cobalah untuk mengingat detil isi monolog.

5. Konsentrasi juga pada pertanyaan. Ingat kembali pertanyaannya ketika kamu membaca pilihan-pilihan jawaban.

6. Gunakan intuisimu apabila kamu tidak tahu pilihan jawaban mana yang benar.

7. manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

8. Jawab pertanyaan dengan cepat dan siap untuk membaca pertanyaan selanjutnya.

9. Perbanyaklah berlatih sebelum kamu menghadapi ujian nasional.

 

Download ringkasan materi bahasa inggris SMA kelas 10, 11 dan 12 SMA versi Pak Anang disini.

Any question? Tulis pertanyaanmu dikolom komentar yah dan jangan lupa bagikan blog artikel ini ke media sosialmu. Thank you

 

Salam Bahasa Inggris


Baca Juga: [DOWNLOAD] RINGKASAN MATERI UN EKONOMI SMA

Post a Comment for "[DOWNLOAD] RINGKASAN MATERI BAHASA INGGRIS SMA"