Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

DOWNLOAD GRATIS – MATERI KIMIA ELEKTROKIMIA (REAKSI REDOKS, SEL ELEKTROLISIS, SEL VOLTA) JENJANG SMA

 



Rangkuman materi kimia elektrokimia SMA meliputi reaksi redoks, sel elektrolisis, dan sel volta. Ringkasan materi kimia elektrolisis SMA ini disusun berdasarkan materi per bab dengan contoh soalnya. Rangkumannya yang hanya beberapa slide cocok untuk kamu yang ingin belajar dengan cepat. Ditambah dengan tampilan yang berwarna memudahkanmu untuk mempelajarinya. Download materi kimia elektrokimia SMA dibawah ini.

 

Reaksi Redoks

A. Pendahuluan

            Reaksi redoks adalah suatu reaksi yang didalamnya terjadi oksidasi dan reduksi.

B. Reaksi Redoks Berhubungan dengan Oksigen

            Oksigen adalah pengikatan oksigen sedangkan reduksi adalah pelepasan oksigen. Menurut konsep ini, oksidasi adalah reaksi dimana suatu zat direaksikan dengan sumber oksigen sehingga berikatan dengan oksigen tersebut sedangkan reduksi adalah reaksi dimana suatu zat berupa oksida direaksikan dengan zat yang menarik oksigen sehingga oksida tersebut kehilangan oksigen.

C. Reaksi Redoks Berhubungan dengan Elektron

            Oksidasi adalah pelepasan elektron sedangkan reduksi adalah semua proses reaksi kimia yang disertai penerimaan elektron. Menurut konsep ini, oksidasi adalah semua proses reaski kimia yang disertai pelepasan elektron sedangakan reduksi adalah semua proses reaksi kimia yang disertai penerimaan elektron.

D. Bilangan Oksidasi

            Bilangan oksidasi senyawa adalah jumlah muatan listrik yang dimiliki atom-atom suatu senyawa, dimana elektron ikatan didistribusikan ke atom yang lebih elektronegatif. Bilangan oksidasi atom adalah muatan listrik yang dimiliki suatu atom dalam sebuah senyawa.

E. Reaksi Redoks Berhubungan dengan Bilangan Oksidasi

            Oksidasi adalah pertambahan biloks sedangkan reduksi adalah penurunan biloks. Menurut konsep ini, oksidasi adalah pertambahan/kenaikan bilangan oksidasi sedangkan reduksi adalah penurunan biloks.

F. Menentukan Reaksi Redoks

            Suatu reaksi tergolong reaksi redoks atau bukan dapat dilakukan dengan mengecek bilangan oksidasi masing-masing atom tiap senyawa yang terlibat dalam reaksi.

G/ Reaksi Redoks Disproporsionasi dan Konproporsionasi

            Reaksi disproporsionasi atau autoredoks adalah reaksi redoks yang oksidator dan reduktornya merupakan zat yang sama. Reaksi konproporsionasi adalah reaksi redoks yang hasil oksidasi dan reduksinya merupakan zat yang sama.

 

Sel Elektrolisis

A. Pendahuluan

            Elektrokimia adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari aspek elektronik dari reaksi kimia. Sel elektrokimia adalah suatu sel yang disusun untuk mengubah energy kimia menjadi energy listrik atau sebaliknya.

B. Sel Elektrolisis

C. Hukum-hukum Faraday

            Hukum-hukum Faraday menjelaskan tentang hukum kelistrikan yang berkaitan dengan sel elektrolisis.

D. Penerapan Sel Elektrolisis

            Sel elektrolisis dapat digunakan dalam pembuatan unsur dan senyawa, pemurnian logam, penyepuhan.

 

Sel Volta

A. Pendahuluan

            Elektrokimia adalah cabang ilmu kimia yang mempelajari aspek elektronik dari reaksi kimia. Sel elektrokimia adalah suatu sel yang disusun untuk mengubah energi kimia menjadi energy listrik atau sebaliknya.

B. Sel Volta

            Anoda kutub negatif, mengalami oksidasi, melepas elektron. Katoda kutub positif, mengalami reduksi, menerima elektron.

C. Potensial Elektroda

            Deret volta adalah deret elektrokimia/kereaktifan logam yang menunjukan nilai potensial elektroda standar logam (E°).

D. Penerapan Sel Volta

            Sel volta dapat menghasilkan energi listrik. Oleh karena itu, sel volta digunakan sebagai sumber energi alat-alat elektronik.

E. Korosi

            Korosi atau perkaratan adalah suatu reaksi redoks antara logam ddengan faktor lingkungannya.

 

Selengkapnya tentang materi kimia elektrokimia SMA bisa didownload gratis, dibawah ini:

 

Reaksi Redoks

Sel Elektrolisis

Sel Volta

 

Tulis pertanyaan kalian dikolom komentar dibawah ini dan jangan lupa share artikel blog gratis ini ke media sosial kalian. Terima kasih

 

Salam Kimia Elektrokimia


Baca Juga: DOWNLOAD GRATIS - MATERI KIMIA LARUTAN (LARUTAN ELEKTROLIT, KELARUTAN, TEORI ASAM-BASA, PENYANGGA, HIDROLISIS) JENJANG SMA

Post a Comment for "DOWNLOAD GRATIS – MATERI KIMIA ELEKTROKIMIA (REAKSI REDOKS, SEL ELEKTROLISIS, SEL VOLTA) JENJANG SMA"